FOF edisi ke 4

30 Sep

Yuk dibaca FOF nya dengan cara mengunduh langsung ke sini —->¬†FOF 4 FIX

 

:DD

Lemak Jenuh.. Kawan atau Lawan ?

20 Sep

Lemak jenuh. Kalau dibayangan kita, lemak jenuh itu semacam ‘penggendut tubuh’ atau ‘biang kolesterol’. Tapi, tau gak? Sebenernya, dengan konsumsi seimbang, lemak jenuh itu punya manfaat lho.. justru nih, seperti minyak goreng misalnya, kalau tanpa lemak jenuh dan hanya terdapat lemak tak jenuh.. yang terjadi malah minyak tersebut jadi mudah bereaksi dengan oksigen alias teroksidasi. Wuiih.. kan lebih serem tuhūüėź

nah.. ini nih kalau mau tahu kebaikan lain dari lemak jenuhūüėČ yuk, simak!

Lemak jenuh atau sering disebut lemak jahat – yang berusaha dihindari oleh orang Amerika – bukanlah penyebab penyakit moderen kita. Sesungguhnya, mereka memainkan peranan penting dalam fungsi kimiawi tubuh:

  • Asam lemak jenuh memenuhi sedikitnya 50 persen membran sel. Mereka memberikan sel-sel kita integritas dan kekentalan yang diperlukan.
  • Mereka memainkan peranan penting terhadap kesehatan tulang. Agar kalsium dapat bersatu dengan struktur tulang kerangka secara efektif, sedikitnya 50 persen lemak makanan seharusnya mengandung lemak jenuh.
  • Mereka menurunkan Lp (a), substansi dalam darah yang mengindikasi kecenderungan penyakit jantung.
  • Mereka melindungi hati dari alkohol dan racun lainnya, seperti Tylenol.
  • Mereka meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mereka diperlukan untuk penggunaan asam lemak penting dalam jumlah tepat. Asam lemak omega-3 bertahan lebih lama di dalam jaringan ketika makanan yang masuk kaya akan lemak jenuh.
  • Asam 18-carbon stearic dan asam 16-carbon palmitic adalah jenis asam lemak jenuh yang baik bagi jantung, itulah mengapa di sekitar otot jantung kaya akan lemak jenuh. Jantung mengambil cadangan lemak ini saat mengalami depresi.
  • Asam lemak jenuh dengan rantai pendek dan medium merupakan antimikroba penting. Mereka melindungi kita agar mikroorganisme berbahaya tidak masuk ke dalam pencernaan.
  • Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung anggapan yang menyatakan bahwa “penyumbatan arteri” menyebabkan penyakit jantung. Sesungguhnya, evaluasi lemak pada penyumbatan arteri menunjukkan bahwa hanya sekitar 26 persen lemak yang dijenuhkan. Sisanya adalah lemak tidak jenuh, dan lebih dari setengahnya adalah lemak tak jenuh ganda.

Memang sih,,, lemak jenuh merupakan salah satu penyebab kolesterol .. tapi itu semua jika konsumsi berlebihan.. semua akan baik baik saja jika tetap pada porsinya alias konsumsi seimbang.. jadi, lestarikan budaya hidup sehat dengan memperhatikan pola makan dan apa apa saja yang kita konsumsi  :D
Anak Pangan kok di lawan :DD

sumber : http://erabaru.net/featured-news/48-hot-update/3388-manfaat-lemak-jenuh.html

“XYLITOL” Gula Alkohol yang Ramah untuk Kesehatan

20 Sep
Xylitol ? hmm… pernah denger kan ? yah.. sering kok kita liat kata ini di supermarket .. upss.. ini bukan merk dagang lhoūüėÄ melainkan salah satu jenis gula alkohol yang cuma “sekali lewat” di dalam tubuh. Ya.. soalnya gabisa diubah jadi energi
 
Xylitol : Pengganti Gula yang Menyehatkan
Asupan manis untuk kesehatan gigi
 

Dicari, gula pengganti yang aman, tanpa efek samping dan berkhasiat bagi kesehatan! Xylitol hadir memenuhi semua persyaratan tersebut.

Xylitol sebenarnya bukan merupakan molekul gula monosakarida (gula tunggal) yang memiliki gugus kimia aldehida (seperti pada glukosa) atau keton (seperti pada fruktosa). Gula langka ini merupakan senyawa berkarbon lima dengan lima gugus alkohol/hidroksil (disebut juga pentitol). Xylitol disebut gula langka karena hanya sedikit terdapat pada buah dan sayuran alami dan pembuatannya boleh dikatakan cukup sulit dibanding senyawa pemanis lainnya. Oleh karena itu dari segi harga pun, xylitol merupakan salah satu pemanis termahal dibanding pemanis lainnya.

Tingkat kemanisan xylitol yang setara dengan sukrosa (gula dapur) membuatnya banyak digunakan sebagai pemanis produk makanan dan confectionary. Kelebihannya dibanding sukrosa adalah energinya yang lebih rendah, yaitu hanya 2.4 kalori/gram dibanding dengan sukrosa yang mencapai 4 kalori/gram. Xylitol juga memiliki kelarutan yang sangat baik di dalam air dan menimbulkan sensasi dingin ketika larut di mulut sehingga banyak digunakan pada produk permen mint, permen karet, dan pasta gigi. Namun lebih dari itu semua kelebihannya yang utama adalah efek biologisnya yang menyehatkan.

Xylitol yang memiliki kalori yang rendah sangat bermanfaat sebagai pemanis makanan/minuman bagi penderita diabetes. Gula langka ini juga bermanfaat mencegah karang gigi dan karies. Hal ini dikarenakan keberadaan xylitol akan menekan pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang kebanyakan mengonsumsi glukosa sebagai bahan makanan mereka, sehingga bakteri tersebut tidak dapat berkembang biak dengan baik pada kondisi tinggi xylitol. Manfaat xylitol inilah yang telah digunakan pada dunia kedokteran gigi dan juga pada beberapa produk perawatan dental seperti permen karet anti-karies dan pasta gigi. Selain itu, xylitol juga ditemukan dapat mencegah infeksi telinga pada anak-anak.

Saat ini industri xylitol sangat menjanjikan dan teknologi sintesisnya terus dikembangkan. Gula langka ini memang sulit diperoleh secara alami dan harus disediakan lewat jalan sintesis kimiawi atau biologis. Jalur sintesis kimiawi untuk xylitol antara lain dengan hidrogenasi D-xylosa menggunakan katalis logam. Namun, dikarenakan D-xylosa merupakan prekursor yang cukup mahal, saat ini para ilmuwan tengah mengembangkan teknik sintesis xylitol dari D-glukosa.

Selain sintesis secara kimiawi, metode sintesis lainnya yang paling banyak digunakan adalah dengan metode bioteknologi mikrobiologi. Metode ini menggunakan mikroorganisme yang diberi ‚Äúmakan‚ÄĚ berupa gula xylosa sehingga akan menghasilkan xylitol yang kemudian akan dipanen. Mikroorganisme yang cukup potensial untuk menghasilkan xylitol antara lain ragi¬†Saccharomyces cereviseae¬†dan¬†Candida utilis. Kelebihan metode ini ialah hasilnya yang mencapai persentase yang lebih tinggi dibanding sintesis kimiawi yaitu hingga mencapai 95% hasil. Tetapi jelas metode ini membutuhkan fasilitas teknologi yang maju dan relatif mahal.

Di Indonesia sendiri, xylitol masih diimpor dari luar karena ketiadaan teknologi untuk sintesisnya. Sebagai produk yang cukup menjanjikan di masa depan, tentu kita berharap Indonesia dapat berswasembada xylitol lewat kerjasama para ilmuwan, industri, dan pemerintah.

Baik Untuk Gigi
Walau berperan sebagai pemanis, xylitol mempunyai khasiat yang baik bagi kesehatan gigi kita. Rasa manis xylitol tidak akan membuat gigi kita berlubang.

Bakteri yang menyebabkan gigi berlubang adalah Streptococcus mutans yang memfermentasikan gula dan kabohidrat untuk dikonsumsi. Dan asam yang dihasilkan dalam proses tersebut akan mengkikis email gigi dan memicu terjadi kerusakan pada gigi kita.

Tapi sayang beribu sayang bagi Streptococcus mutans karena tidak bisa memfermentasi xylitol. Dan beribu untung bagi mulut, xylitol juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut, melawan plak pada gigi, membantu penyerapan fluoride alami, dan  mengurangi berbagi insiden kerusakan gigi.

Mengkonsumsi permen karet dengan kandunggan¬†xylitol¬†adalah cara terbaik untuk mendapatkan gigi yang sehat. Permen karet berfungsi sebagai media ‚Äúpembawa‚ÄĚ, sedangkan¬†xylitol¬†berperan sebagai pembersih gigi dari semua bakteri perusak yang mungkin akan menumpuk menjadi plak.

Aman Untuk Semua
Xylitol mempunyai bentuk dan rasa yang sama dengan gula. Namun kandungan kalori 40% lebih sedikit, kabohidrat 75% lebih sedikit dan GI (Glycemic Index) yang rendah (7). Ini membuat xylitolaman dikonsumsi oleh siapa saja, baik penderita diabetes, hypoglycemia dan orang-orang yang peduli dalam mencapai dan mendapatkan berat badan ideal.

Efek lain xylitol
Xylitol bisa menyebabkan diare (tapi tidak kesemua orang) jika dikonsumsi dengan dosis lebih dari 40 gr. Dan sebagai tambahan informasi, xylitol sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh anjing peliharaan kita

DEEP #2 by LITBANG HIMAGHITA

20 Sep

DEEP

(Development of Project)

     EDISI KE-2

 

Mau tau info tentang PKM, beasiswa, dan lomba-lomba yang lain?? Baca selengkapnya disini. OK!

 

  1. 1.    PKM DIKTI 2012

Udah pada tau kan?? Bulan September ini bakalan ada PKM DIKTI?? So, jangan sampe ketinggalan yah..

PKM DIKTI ini ada 5 macam, yaitu PKM P, PKM K, PKM KC, PKM M, dan PKM T.

Menurut informasi yang didapat dari UPKPM UNS, pengumpulan PKM DIKTI 2012 maksimal tanggal 24 September 2012. Dari dikti sendiri, belum ada pengumuman yang pasti kapan pengumpulan PKM.

Untuk lebih jelas apa itu PKM dan bagaimana cara pembuatan PKM, bisa download pedoman pembuatan PKM selengkapnya di http://www.dikti.go.id/

 

  1. 2.    PROGRAM BEASISWA UNGGULAN PRESTASI

Apa itu program beasiswa unggulan prestasi??

Program Beasiswa Unggulan Prestasi adalah salah satu kategori Program Beasiswa Unggulan yang diperuntukkan bagi peraih UN tertinggi Nasional/Propinsi sebagai bentuk penghargaan dari pemerintah Indonesia. Beasiswa jenjang S1 diberikan kepada mahasiswa berprestasi untuk menjalani pendidikan di perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

  • Kategori : Beasiswa Mandiri/Prestasi
  • Masa Pemberian Beasiswa : jenjang S1 (maksimal 4 tahun
  • Pendaftaran : 27 Juni 2012 ‚Äď 30 September 2012
  • Fasilitas : biaya pendidikan sampai lulus, biaya wisuda, biaya buku, biaya praktikum
  • Perguruan Tinggi : 15-20 perguruan tinggi terbaik di Indonesia (UNS masuk)
  • Jurusan : segala jurusan
  • Persyaratan umum : harus sudah diterima di perguruan tinggi dengan menunjukkan KTM/surat tanda sudah diterima
  • Persyaratan khusus : sertifikat prestasi sebagai peraih UN tertinggi dari Mendikbud atau Kepala Dinas Pendidikan Propinsi
  • Metode Perekrutran : melalui bagian kemahasiswaan Universitas/Institut

Info selengkapnya, kunjungi http://www.kopertis12.or.id/2012/09/12/program-beasiswa-unggulan-prestasi-tahun-2012-deadline-30092012.html

 

  1. 3.¬†¬†¬† LOMBA KARYA TULIS JURNALIS 2012 “JNE”

Mau Samsung Galaxy SIII dan uang 8 juta rupiah?? Atau IPAD, Galaxy Tab dan uang puluhan juta rupiah?? Ikutan lomba karya tulis jurnalis 2012 dari JNE yukk..

Tulisan diterima selambat-lambatnya: 24 November 2012 pkl 14.00 WIB.

Tema: “Kesiapan Perusahaan Jasa Logistik Indonesia dalam Menghadapi Era Pasar Bebas, dan Peranannya dalam Meningkatkan Perekonomian Indonesia‚ÄĚ.

Sepuluh tulisan terbaik akan mendapatkan uang tunai senilai 1 juta rupiah dan paket PESONA JNE senilai 200 ribu rupiah. Berminat??

Untuk info selengkapnya, temen2 bisa kunjungi http://jne.co.id/

 

  1. 4.¬†¬†¬† LOMBA MENULIS ‚ÄúBAHASA INDONESIA DAN KITA‚ÄĚ DI KOMPASIANA

Dalam rangka Bulan Bahasa (Oktober) 2012, harian Kompas mengajak semua Kompasianer berbagi pengalaman seputar penggunaan bahasa Indonesia. Mari mencintai bahasa Indonesia dengan meramaikan lomba menulis bertema ‚ÄúBahasa Indonesia dan Kita‚ÄĚ di Kompasiana.

Syarat dan ketentuan lomba:

  • Lomba terbuka bagi Kompasianer dan umum. Peserta umum dipersilakan membuat akun Kompasiana untuk mengirimkan karya.
  • Tulisan tidak melanggar Ketentuan Konten Kompasiana.
  • Tulisan menggunakan bahasa Indonesia yang baik.
  • Peserta wajib mencantumkan tag ‚Äúbahasadankita‚ÄĚ (tanpa tanda kutip).
  • Tulisan yang dikirimkan bersifat baru, belum pernah dipublikasikan di media lain, dan karya orisinal pemilik akun.
  • Jumlah tulisan tidak dibatasi.

Lomba ini dibuka mulai 10 Agustus ‚Äď 25 September 2012. Hadiah untuk juara pertama 5 juta rupiah, piagam, dan suvenir Kompas. Juga masih banyak hadiah dengan total jutaan rupiah yang lain.

Mau tau info selengkapnya?? Kunjungi http://blog.kompasiana.com/2012/08/09/lomba-penulisan-bahasa-indonesia-dan-kita/

 

  1. 5.    LOMBA ESAI NASIONAL 2012 MP3 FIP UM

Tema lomba esai ini yaitu ‚ÄúPEMUDA SEBAGAI DRIVER FUTURITAS BANGSA”. Pengumpulan karya dari tanggal 1-13 Oktober 2012. Pengumuman pemenang tanggal 29 Oktober 2012. Untuk juara pertama hadiahnya 1 juta rupiah dan sertifikat. Lumayan kan?? Berminat?? Info selengkapnya bisa buka di http://www.mp3fip.um.ac.id/

 

  1. 6.    LOMBA ESAI KRITIS MAHASISWA TINGKAT NASIONAL 2012 BY BEM UNAIR

Kamu termasuk mahasiswa kritis dan ingin bangsa Indonesia lebih baik lagi?? Buktikan langkah kecilmu melalui tulisan kreatifmu dan ikut lomba ini..

Tidak dipungut biaya apapun, kamu cukup mengirimkan tulisanmu ke Sekretariat BEM UNAIR.

  • Deadline penerimaan tanggal 10 Oktober 2012.
  • Juara 1: Rp 1.000.000,00 dan sertifikat penghargaan
  • Juara 2: Rp 750.000,00 dan sertifikat penghargaan
  • Juara 3: Rp 500.000,00 dan sertifikat penghargaan

Info selengkapnya, bisa buka di alamat http://bem.unair.ac.id/2012/08/15/bem-unair-2012-presentlomba-essay-kritis-mahasiswa-tingkat-nasional/

 

  1. 7.    LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA, EDUCATION FAIR 2012

FKIP UNS lagi ngadain lomba lhoo.. Tema penulisannya yaitu ‚ÄúPengembangan dan Inovasi Pendidikan Karakter Melalui Berbagai Bidang‚ÄĚ, dengan beberapa subtema yang telah ditentukan. Batas akhir pengumpulan karya tanggal 23 September 2012. Untuk info selengkapnya, bisa kunjungi http://ajangkompetisi.com/lomba-tingkat-pelajarmahasiswa/lomba-karya-tulis-ilmiah-mahasiswa-education-fair-2012 atau temen2 langsung aja ke Sekretariat LSP FKIP.

 

  1. 8.    KOMPETISI CERITA SOSOK PRODUKTIF

Punya cerita inspiratif tentang pahlawan tanpa tanda jasa?? Ikutan lomba yang satu ini yukk..  Menangkan uang tunai 3 juta rupiah dan paket menarik lainnya. Mau tau info lengkapnya?? Temen2 bisa buka di http://ajangkompetisi.com/general-competition/lomba-menulis-cerita-2#more-6965

 

  1. 9.    LKTI Nasional ACTIVE 2012

Fakultas Ekonomi UNS lagi ada acara besar nih.. Nama acaranya yaitu LKTI Nasional ACTIVE 2012.

  • Tema umum: Strategi Pembangunan untuk Indonesia yang Lebih Baik.
  • Sub tema: Bidang Akuntansi, Ekonomi, Teknik, Pertanian, Sosial Budaya, dan Hukum.
  • Pendaftaran dan pengumpulan KTI mulai 1 Agustus ‚Äď 1 Oktober 2012 di Sekretariat HMJ Panitia KTI Nasional ACTIVE 2012 HMJ Akuntansi FE UNS.

Untuk info selengkapnya, temen2 bisa dateng langsung ke Sekretariat Panitia KTI Nasional ACTIVE 2012 HMJ Akuntansi UNS.

 

10. KOMPETISI KARYA TULIS TINGKAT MAHASISWA NASIONAL (KATULISTIWA) 2012

Kompetisi Diadakan oleh UKM LSME(Lingkar Study Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis) FEB UB.

  • TEMA PENULISAN: ‚ÄúOptimalisasi Kearifan Lokal untuk Menghadapi Tantangan sertaPeluang Indonesia dalam Asean Economic Community 2015‚ÄĚ.
  • Pada bidang : Ekonomi dan Bisnis, Transportasi & Otomotif, Teknologi, Kesehatan, Pariwisata, Pertanian, Peternakan & Perikanan, Kehutanan, Energi & Industri Hukum, dan Pendidikan.
  • Batas pengumpulan karya 28 September 2012.
  • HADIAH:

Juara I : Rp 3.000.000 + trophy + piagampenghargaan

Juara II : Rp 2.500.000 + trophy + piagampenghargaan

Juara III : Rp 2.000.000 + trophy + piagampenghargaan Best Speaker : Rp 1.000.000 + trophy + piagam penghargaan.

Selengkapnya buka di http://katulistiwa4.blogspot.com/

 

Buktikan kreativitasmu melalui tulisan !! Semoga bermanfaat ^^

 

By Himaghita_Bidang Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) 2012

Icha-Bawani-Restu-Bagas-Sofi-Ita-Farah

.:. LITBANG!! PASTI NYALA!!!! .:.

Cp:

  • Icha 08567576553
  • Ita 085742941343

 

Link Download Materi Semester 1-6 by : LITBANG HIMAGHITA

13 Sep

by LITBANG HIMAGHITA

Semoga bermanfaat ya teman-temanūüėÄ
link materi

semester 1 : http://www.mediafire.com/?5l7hcz22nnc8b00

Sosialisasi Pangan Sehat

9 Sep

Selamat siang semuanya!!!!!

Maaf ya beberapa waktu yang lalu BSO Himaghita ga sempet update, tapi mulai sekarang bakalan lebih intens kok, jadi jangan kemana-mana yaūüėÄ

Nah di postingan kali ini BSO Himaghita bakalan ngomongin kegiatan yang baru aja kita laksanakan di sebuah sekolah dasar yang terletak di desa binaan tercinta. Ngapain aja tuh kegiatannya?

Jadi tujuan kegiatan kita adalah mensosialisasikan ke adek-adek kelas 5 dan 6 di SD tersebut mengenai panganan sehat.. Kan sering banget tuh kita temuin penjaja makanan dan minuman yang suka ‘nakal’ karena suka nambah-nambahin bahan-bahan berbahaya ke dalam jualannya. Kalo dibiarkan terus, bisa-bisa mereka bakal terkena dampak jangka panjangnya.¬†

Image

 

Terdapat berbagai ancaman jika kita bicara mengenai minuman. Mulai dari es batu yang berasal dari air mentah, sampai pemanis dan pewarna buatan.

Air mentah mengandung banyak bakteri, nah bakteri tersebut ga bakalan mati dalam bentuk es, dia hanya akan mati jika direbus sampai mendidih. Sehingga terdapat perbedaan di mana es dengan air matang akan berwarna bening, sedangkan es dari air mentah¬†berwarna putih.¬†Ini nih gambarnya –>

Image            Image

 

Sedangnkan, minuman dengan pemanis buatan biasanya rasanya bakal cuma manis di mulut, tapi pas di tenggorokan jadi pait. Contohnya kaya sakarin, aspartam, dsb.

Image

Sedangkan kalo pewarna buatan biasanya warnanya bakal lebih mencolok, baunya sedikit apek, dan kalo kena kulit bakalan agak membekas. Bandingin deh sama gambar di bawah ini –>

Image Image

 

Kalo bahayanya gimana???

Bahayanya banyak banget lho.. Mulai dari bahaya jangka pendek seperti batuk, sakit tenggorokan, diare, karies gigi, sampai bahaya jangka panjang seperti kanker dan penyakit hati. Makanya, kita harus cermat dalam memilih minuman sehat.

 

Setelah materi selesai diberikan, para adik-adik dipersilahkan untuk melihat langsung bagaimana perbedaan antara pewarna alami, pemanis buatan, dengan yang sintetis.Image

Selain itu ada juga games pertanyaan seputar materi yang kemudian dilanjutkan oleh games menyusun puzzle. Menyenangkan sekali melihat betapa cerianya adik-adik iniūüėÄ

Image

Image

 

Sekitar habis dzuhur acara pun selesai. Ditutup dengan pemberian hadiah kepada juara lomba dan foto bersama guru-guru di sana.

Image

Image

 

Mangesthi Luhur Ambangun Ndesa!

 

 

Coming soon Benzen by Litbang Himaghita

30 Agu

 

 

 

JANGAN LUPA IKUTAN YAAAAAAAūüėÄ