Khasiat Buah Kurma

28 Jul

Mangesthi Luhur Ambangun Ndesa! 

Wah, ga kerasa udah seminggu aja kita berpuasa😀

Di bulan suci ini, selain berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala kita juga kudu menjaga stamina tubuh kita lho, pastinya dengan asupan yang sehat dan bergizi. Contohnya dengan mengkonsumsi buah yang bernama Kurma ini. Ya, di bulan puasa kita dapat dengan mudah menemukannya di sekitar kita. Karena banyak orang yang membeli kurma untuk hidangan pembuka atau diolah dengan berbagai macam olahan untuk berbuka.

Kurma memang baik dikonsumsi, apalagi saat puasa seperti ini. Konsumsi kurma saat puasa bisa membantu kita untuk mengembalikan stamina tubuh kita, karena beberapa kandungan buahnya.

Kurma sendiri memiliki daging yang berserat lembut dan rasa yang manis. Daging buah kurma berisi gula sederhana seperti frutosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan cepat mengisi ulang energi tubuh. Karena hal tersebut, kurma sangat cocok dikonsumsi untuk mengawali saat berbuka puasa.

Image

Kurma matang mengandung gula sekitar 80%, sisanya adalah protein, lemak dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat. Kurma kaya akan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik. Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat.

Secara umum mari kita bahas sedikit tentang manfaat / khasiat kurma bagi kesehatan🙂

1. Kaum Arab Badui yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
2. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
3. Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.

Image
4. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
5. Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
6. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
7. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
8. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
9. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
10. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
11. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
12. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

So… ga ada alasan lagi bagi kita untuk tidak mengkonsumsi buah dari Arab yang satu ini🙂

(sumber : majalahkesehatan.com/12-khasiat-buah-kurma/)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: