Sosialisasi Pangan Sehat

9 Sep

Selamat siang semuanya!!!!!

Maaf ya beberapa waktu yang lalu BSO Himaghita ga sempet update, tapi mulai sekarang bakalan lebih intens kok, jadi jangan kemana-mana ya😀

Nah di postingan kali ini BSO Himaghita bakalan ngomongin kegiatan yang baru aja kita laksanakan di sebuah sekolah dasar yang terletak di desa binaan tercinta. Ngapain aja tuh kegiatannya?

Jadi tujuan kegiatan kita adalah mensosialisasikan ke adek-adek kelas 5 dan 6 di SD tersebut mengenai panganan sehat.. Kan sering banget tuh kita temuin penjaja makanan dan minuman yang suka ‘nakal’ karena suka nambah-nambahin bahan-bahan berbahaya ke dalam jualannya. Kalo dibiarkan terus, bisa-bisa mereka bakal terkena dampak jangka panjangnya. 

Image

 

Terdapat berbagai ancaman jika kita bicara mengenai minuman. Mulai dari es batu yang berasal dari air mentah, sampai pemanis dan pewarna buatan.

Air mentah mengandung banyak bakteri, nah bakteri tersebut ga bakalan mati dalam bentuk es, dia hanya akan mati jika direbus sampai mendidih. Sehingga terdapat perbedaan di mana es dengan air matang akan berwarna bening, sedangkan es dari air mentah berwarna putih. Ini nih gambarnya –>

Image            Image

 

Sedangnkan, minuman dengan pemanis buatan biasanya rasanya bakal cuma manis di mulut, tapi pas di tenggorokan jadi pait. Contohnya kaya sakarin, aspartam, dsb.

Image

Sedangkan kalo pewarna buatan biasanya warnanya bakal lebih mencolok, baunya sedikit apek, dan kalo kena kulit bakalan agak membekas. Bandingin deh sama gambar di bawah ini –>

Image Image

 

Kalo bahayanya gimana???

Bahayanya banyak banget lho.. Mulai dari bahaya jangka pendek seperti batuk, sakit tenggorokan, diare, karies gigi, sampai bahaya jangka panjang seperti kanker dan penyakit hati. Makanya, kita harus cermat dalam memilih minuman sehat.

 

Setelah materi selesai diberikan, para adik-adik dipersilahkan untuk melihat langsung bagaimana perbedaan antara pewarna alami, pemanis buatan, dengan yang sintetis.Image

Selain itu ada juga games pertanyaan seputar materi yang kemudian dilanjutkan oleh games menyusun puzzle. Menyenangkan sekali melihat betapa cerianya adik-adik ini😀

Image

Image

 

Sekitar habis dzuhur acara pun selesai. Ditutup dengan pemberian hadiah kepada juara lomba dan foto bersama guru-guru di sana.

Image

Image

 

Mangesthi Luhur Ambangun Ndesa!

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: