Lemak Jenuh.. Kawan atau Lawan ?

20 Sep

Lemak jenuh. Kalau dibayangan kita, lemak jenuh itu semacam ‘penggendut tubuh’ atau ‘biang kolesterol’. Tapi, tau gak? Sebenernya, dengan konsumsi seimbang, lemak jenuh itu punya manfaat lho.. justru nih, seperti minyak goreng misalnya, kalau tanpa lemak jenuh dan hanya terdapat lemak tak jenuh.. yang terjadi malah minyak tersebut jadi mudah bereaksi dengan oksigen alias teroksidasi. Wuiih.. kan lebih serem tuh😐

nah.. ini nih kalau mau tahu kebaikan lain dari lemak jenuh😉 yuk, simak!

Lemak jenuh atau sering disebut lemak jahat – yang berusaha dihindari oleh orang Amerika – bukanlah penyebab penyakit moderen kita. Sesungguhnya, mereka memainkan peranan penting dalam fungsi kimiawi tubuh:

  • Asam lemak jenuh memenuhi sedikitnya 50 persen membran sel. Mereka memberikan sel-sel kita integritas dan kekentalan yang diperlukan.
  • Mereka memainkan peranan penting terhadap kesehatan tulang. Agar kalsium dapat bersatu dengan struktur tulang kerangka secara efektif, sedikitnya 50 persen lemak makanan seharusnya mengandung lemak jenuh.
  • Mereka menurunkan Lp (a), substansi dalam darah yang mengindikasi kecenderungan penyakit jantung.
  • Mereka melindungi hati dari alkohol dan racun lainnya, seperti Tylenol.
  • Mereka meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mereka diperlukan untuk penggunaan asam lemak penting dalam jumlah tepat. Asam lemak omega-3 bertahan lebih lama di dalam jaringan ketika makanan yang masuk kaya akan lemak jenuh.
  • Asam 18-carbon stearic dan asam 16-carbon palmitic adalah jenis asam lemak jenuh yang baik bagi jantung, itulah mengapa di sekitar otot jantung kaya akan lemak jenuh. Jantung mengambil cadangan lemak ini saat mengalami depresi.
  • Asam lemak jenuh dengan rantai pendek dan medium merupakan antimikroba penting. Mereka melindungi kita agar mikroorganisme berbahaya tidak masuk ke dalam pencernaan.
  • Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung anggapan yang menyatakan bahwa “penyumbatan arteri” menyebabkan penyakit jantung. Sesungguhnya, evaluasi lemak pada penyumbatan arteri menunjukkan bahwa hanya sekitar 26 persen lemak yang dijenuhkan. Sisanya adalah lemak tidak jenuh, dan lebih dari setengahnya adalah lemak tak jenuh ganda.

Memang sih,,, lemak jenuh merupakan salah satu penyebab kolesterol .. tapi itu semua jika konsumsi berlebihan.. semua akan baik baik saja jika tetap pada porsinya alias konsumsi seimbang.. jadi, lestarikan budaya hidup sehat dengan memperhatikan pola makan dan apa apa saja yang kita konsumsi  :D
Anak Pangan kok di lawan :DD

sumber : http://erabaru.net/featured-news/48-hot-update/3388-manfaat-lemak-jenuh.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: